Pelek Standar Serat karbon BMW
BMW bisa jadi pabrikan pertama yang memakai Pelek Mobil Serat Karbon . Lingkar roda ini dibuat perusahaan Australia, Carbon Revolution
(CR), telah diperkenalkan di gelaran BMW Innovation Days 2014 di Munich.
Rencana pemasaran dikatakan mulai 2016 dan BMW tidak asing
lagi dengan material komposit ini, sebagian besar bodi i3 terbuat serat karbon.
Pelek diklaim 20 persen lebih ringan dari pelek alumunium
dan 10 persen lebih enteng dari pelek serat karbon lain. Sayangnya, produksi
belum bisa dilakukan terkait regulasi Eropa.
Pelek bikinan CR diklaim sebagai pelek serat karbon pertama
yang dibuat dengan teknik forged (dicetak tanpa sambungan).
Mobil Performa Citroen SM merupakan model pertama yang
menggunakan campuran karbon dan resin untuk pelek pada 1972.
Kemudian 2008Weds Sports memperkenalkan pelek serat karbon
murni pada salah satu modelnya. CR pernah meluncurkan pelek serba serat karbon,
CR-9, pada Shelby Ultimate Aero, lalu akhirnya diputuskan untuk dijual bebas,
Rp 175 juta per set (4 pelek).
BMW juga menampilkan beberapa bagian lain yang dibuat dari
serat karbon, seperti setir dan as kopel (propeller shaft). Selain ringan,
tampilan setir bisa menambah kesan gahar.
Sementara as kopel diklaim 3 kg lebih ringan dari bahan
baja, berarti akan membantu meminimalisir gesekan. Komponen ini akan digunakan
pada M3 dan M4.
Pelek Mobil Serat Karbon
Reviewed by Unknown
on
03:25
Rating: